SKRIPSI

Penulis / NIM
ROLI MOKOAGOW / 211408257
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K, M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Rolly Mokoagow, NIM 211 408 257. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number heads Togethers (NHT) Pada Mata Pelajaran Ekonomi” (suatu penelitian pada kelas XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo. Skripsi ini Dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Zuchri Abdussamad,M.Si dan Ibu Radia Hafid, S.Pd,M.Si. Program studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang masalah adalah rendahnya hasilnya belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonomi. Berdasarkan hasil observasi awal dari jumlah siswa 23 orang hanya terdapat 9 orang siswa (39.13%) yang mencapai nilai KKM, dan 14 atau (60,87%) orang siswa lainnya belum mencapai nilai ketuntasan. Metode yang digunakan adalah deskriptif berdasarkan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan siswa dan hasil belajar siswa. Sesuai dengan analisis data hasil evaluasi tertulis pada pembelajaran siklus I (awal) dapat diketahui bahwa 12 siswa atau 52,17% memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 11 siswa atau 47,83% memperoleh nilai 75 ke bawah. Perolehan tersebut menggambarkan bahwa optimalisasi pembelajaran terhadap materi yang diberikan belum terlaksana dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek KBM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II menunjukkan bahwa dari 23 siswa dikelas XI IPS SMA Tridharma Gorontalo Tahun 2011/2012 yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 18 orang siswa 78,26% dengan rata-rata 75%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011