Penulis / NIM
						ROLI MOKOAGOW / 211408257
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K, M.Si / 0016026604
						Pembimbing 2 / NIDN
						RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
						Abstrak
						ABSTRAK
Rolly Mokoagow, NIM 211 408 257. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number heads Togethers (NHT) Pada Mata Pelajaran Ekonomi” (suatu penelitian pada kelas XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo. Skripsi ini Dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Zuchri Abdussamad,M.Si dan Ibu Radia Hafid, S.Pd,M.Si. Program studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang masalah adalah rendahnya hasilnya belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonomi. Berdasarkan hasil observasi awal dari jumlah siswa 23 orang hanya terdapat 9 orang siswa (39.13%) yang mencapai nilai KKM, dan 14 atau (60,87%) orang siswa lainnya belum mencapai nilai ketuntasan. 
Metode yang digunakan adalah deskriptif berdasarkan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan siswa dan hasil belajar siswa. Sesuai dengan analisis data hasil evaluasi tertulis pada pembelajaran siklus I (awal) dapat diketahui bahwa 12 siswa atau 52,17% memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 11 siswa atau 47,83% memperoleh nilai 75 ke bawah. Perolehan tersebut menggambarkan bahwa optimalisasi pembelajaran terhadap materi yang diberikan belum terlaksana dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar. 
Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan  antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan  aspek-aspek KBM. Pada siklus II  terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II menunjukkan bahwa dari 23 siswa dikelas XI IPS SMA Tridharma Gorontalo  Tahun 2011/2012 yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 18 orang siswa 78,26% dengan rata-rata 75%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:   Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number   	          Heads Together (NHT)
						Download berkas