Penulis / NIM
RULIN KOLLY / 211408260
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Rulin Kolly. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Cooperative Learning tipe
Number Heads Together dengan Konvensional. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Ekonomi
Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato M.Pd, dan Pembimbing II Agil Bahsoan S.Ag,
M.Ag
Pelaksanaan Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah. Apakah terdapat perbedaan hasil
belajar siswa antara penerapan model cooperative learning tipe number heads together dengan
konvensional pada pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sumalata. Hipotesis penelitian adalah
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dari penggunaan model
cooperative learning tipe number heads together dengan penggunaan pembelajaran konvensional
di SMA Negeri 1 Sumalata.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode ekperimen Posttest-Only Control
Design dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Purposive sampling,
sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang dan telah diuji homogenitas varian dan uji
kesamaan dua rata-rata.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number
Heads Together dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran
konvensional di SMA Negeri 1 Sumalata kelas X1 dan kelas X2, (2) berdasarkan hasil
pengamatan oleh peneliti diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together adalah efektif ditinjau dari
segi pengelolaan pembelajaran di kelas, aktivitas siswa, dan respon siswa, (3) dari hasil
penghitungan dapat dilihat bahwa setelah siswa diajarkan dengan model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Number Heads Together, siswa dapat memahami pembelajaran
ekonomi, dan (4) dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads
Together siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Cooperative learning tipe Number Heads Together dan
konvensional
Download berkas