Penulis / NIM
SARTIKA TOBUHU / 211408267
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Sartika Tobuhu, 2013. ”Pengaruh Disiplin Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (Penelitian Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato)”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Imran R. Hambali S.Pd, SE, M.Si dan Ibu Badriyyah Djula S.Pd M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin guru dalam pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri I Paguat. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yakni untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Disiplin Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas III SMP Negeri I Paguat.
Berdasarkan data dari 87 orang sampel, dengan menggunakan analisis regresi maka hasilnya menunjukan bahwa terdapat pengaruh disiplin guru dalam pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan perhitungan pada lampiran 6 diperoleh thitung = 3,10 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t (1 - ½?) < thitung < t (1 - ½?) dengan ? = 0,05, dan dk = n – 2. tdaftar = 1,66 dengan demikian thitung ? tdaftar telah berada diluar penerimaan H0, atau menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ”terdapat pengaruh signifikan antara disiplin guru dalam pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP Negeri I Paguat dinyatakan dapat diterima”.
Kata Kunci : Disiplin Guru Dalam Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas