SKRIPSI

Penulis / NIM
SASMITA Y. TAHAKU / 211408269
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK Sasmita Y. Tahaku. 211 408 269. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Akuntansi kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bpk Imran R. Hambali, S.Pd, SE, M.SA dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa pada siklus I dari 35 orang siswa hanya 16 orang siswa atau 45,71% yang memperoleh nilai di atas 75, dan sisanya 19 orang siswa atau 54,28% mempeoleh nilai di bawah 75 dengan daya serap siswa 74,45%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II Hasil belajar mengalami peningkatan dimana dari 35 orang siswa 29 orang siswa atau 82,86% yang mendapatkan nilai 75 ke atas atau mencapai ketuntasan yang telah ditentukan, dan sisanya 6 orang siswa atau 17,14% yang mendapatkan nilai 75 ke bawah atau tidak mencapai ketuntasan dengan daya serap kurikulum sebesar 81,25% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Ak1 SMK Negeri 1 Gorontalo pada mata pelajaran Akuntansi. Melihat keberhasilan tersebut maka hipotesis yang menyatakan “jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi dengan baik, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima. Kata kunci : Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ABSTRACT Sasmita Y. Tahaku. 211 408 269. “Improving Students’ Learning Achievement through the Application of Cooperative Learning Model of Numbered Head Together (NHT) Type on Accounting Subjects in Grade X AK 1 SMK Negeri 1 Gorontalo”. Skripsi. Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, State University of Gorontalo. Supervisor: Imran R. Hambali, S.Pd., SE., M.SA; Co-Supervisor: Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd. The main problem in this action research is the poor quality of students’ learning achievement on accounting subject. This study aims to improve the students’ learning achievement on accounting subject in grade X AK 1 SMK Negeri 1 Gorontalo by applying cooperative learning model of Numbered Head Together (NHT) Type. Based on the students’ learning achievement in the first cycle which consist of 35 students, there were only 16 students or 45,71% who achieved score above 75, and the rest 19 students or 54,28% achieved score below 75 with the learning absorption level is 74, 45%. Therefore, it is necessary to conduct the second cycle due to insufficiency in achieving the defined work indicators. Furthermore, there was a significant improvement in the second cycle where 29 out of 35 students or 82,86% achieved score above 75 which means achieving the learning achievement targeted, and the rest 6 students or 17,14% gained score below 75 or did not achieve the learning target with the absorption level of 81,25%. Thus, it is concluded that the application of cooperative learning model of Numbered Head Togther (NHT) type can improve the students learning achievement of grade X AK 1 SMK Negeri 1 Gorontalo on accounting subject. Based on the research result, the hypothesis stating “the cooperative learning model of Numbered Head Together (NHT) Type can improve the students’ learning achievement if it is applied in accounting subject’s learning process” is acceptable. Keywords : students’ learning achievement and cooperative learning model of Numbered Head Together (NHT) type.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011