Penulis / NIM
SELVIA BERAHIMA / 211408273
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Selvia Berahima. 211408273. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)”, Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Ekonomi Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Bimbingan Ibu, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Ibu, Hj. Irawati Abdul, SE., MS.i.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakn pada siswa kelas Xc SMA Prasetya Gorontalo tahun 2011-2012. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi dengan Metode penelitian Number Head Together. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi Kelas Xc pada SMA PRASETYA Gorontalo”.
SIKLUS I : Hasil belajar dari 20 siswa yang dikenai tindakan 7 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 35% dan 13 siswa yang memperoleh nilai ?75 sebesar 65%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.
SIKLUS II : Hasil belajar dari 20 siswa yang dikenai tindakan 18 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 90% dan 2 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 10%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi.
Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “jika dalam belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas Xc SMA PRASETYA Gorontalo akan meningkat” Telah teruji dengan benar dan dapat diterima.
Kata Kunci: Tipe Number Head Together, Hasil Belajar Peserta Didik
Download berkas