Penulis / NIM
SINTA MAMONTO / 211408275
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
Sinta Mamonto, NIM 211408275. " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Pelajaran IPS di Kelas X AK 5 di SMK Negeri 1 Gorontalo ". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd) dan Pembimbing II (Meyko Panigoro S.Pd M.Pd)
Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran IPS dikelas X AK 5 pada siswa SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pemberian tugas dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas X AK 5 pada siswa SMK Negeri 1 Gorontalo.
Pengambilan data diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus.
Kemudian berdasarkan analisis data maka dapat diketahui peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Permintaan dan Penawaran yakni pada siklus I dengan menggunakan 5 nomor essay menunjukkan bahwa dari 37 orang siswa yang dikenai tindakan, 26 orang siswa atau (70.27%) memperoleh nilai 70 keatas sedangkan 11 orang siswa (29,73%) memperoleh nilai dibawah 70. Hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil evaluasi siklus II maka diperoleh bahwa dari 37 orang siswa yang dikenai tindakan, 33 orang siswa (89.18%) memperoleh nilai 70 keatas dan 4 orang siswa (10.82%) memperoleh nilai dibawah 70.
Dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II maka hipotesis yang berbunyi " jika diterapkan metode pemberian tugas pada pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa kelas X AK 5 SMK Negeri 1 Gorontalo aka meningkat " dapat terbukti.
Download berkas