Penulis / NIM
SISYANTI KAMBA / 211408278
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
Sisyanti Kamba, 2013. “kemampuan mengajar guru dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi (penelitian pada siswa kelas VII, VIII dan IX)”. Program studi pendidikan ekonomi kosentrasi pendidikan akuntansi, jurusan pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi dan bisnis , universitas negeri gorontalo dibawah bimbingan bapak Dr. Ir Syarwani Canon, M.Si dan Ibu badriyyah Djula, S.Pd.,M.Pd.Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengajar guru dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 5 Bolaang Uki. Metode yang digunakan adalah metode kuatitatif yakni untuk mengetahui seberapa besar kemampuan mengajar guru berpengaruh pada hasil belajar siswa.Berdasarkan data dari 31 orang sampel, dengan menggunakan analisis regresi maka hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan mengajar guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian adalah Uji t. berdasarkan perhitungan pada lampiran 6 diperoleh t hitung = 15,92 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t (1- _(1/((2a) )) t_hitung t_(1 1/((2a) )) dengan α =0,05 dan dk= n-2. t daftar = 1,699 dengan demikian t_hitung≥t_tabel telah berada diluar penerimaan H0 ATAU menolak H0 dan menrima Ha. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi kemampuan mengajar guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi.Kata kunci: kemampuan mengajar guru dan hasil belajar siswa
Download berkas