Penulis / NIM
SITTI A. SURYANI N / 211408279
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Sitti A. Suryani Nurdin, 2012. Skripsi ini yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Tidore pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry”.Jurusan Pendidikan Ekonomi Prog. Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Salma Bowtha, M.Pd selaku pemimbing I dan Ibu Robiyati, S.Pd. MAP selaku pembimbing II.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran ekonomi dengan materi struktur sosial. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui “ Apakah model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIAP pada mata pelajaran Ekonomi di SMK Negeri 1 Tidore”.
Siklus I. hasil belajar dari 28 siswa yang dikenai tindakan 7 orang siswa yang memperoleh nilai ? 70 sebesar 25% dan 21 orang siswa yang memperoleh nilai ? 70 sebesar 75%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indicator kinerja yang ditetapkan.
Siklus II. Hasil belajar dari 28 siswa yang dikenai tindakan 27 orang siswa yang memperoleh nilai ? 70 sebesar 96.43% dan 1 siswa yang memperoleh nilai ? 70 sebesar 3.61%. dengan demikian indicator kinerja yang telah ditetapkan di penuhi.
Jadi pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan pada siklus belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “ jika guru menggunakan model pembelajaran (Inquiry) yang tepat maka akan menambah hasil belajar siswa pada mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran Ekonomi yang berada di SMK Negeri 1 Tidore dapat meningkat” dan dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, dan Inquiry.
Download berkas