SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI SULASTRI / 211408286
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Sri Sulastri. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi. Konsentrasi pendidikan ekonomi akuntasi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada rumusan masalah: Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Hipotesis penelitian adalah ”Jika guru menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Tridharma Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dengan indikator keberhasilan siswa yang memperoleh nilai minimal 70 meningkat dari 34,48% menjadi 75%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SMA Tridharma Gorontalo dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ketuntasan yaitu minimal 70, pada saat observasi awal 34,48%, dan setelah pelaksanaan penelitian siklus I 58,62%, sedangkan setelah pelaksanaan penelitian siklus II 79,31%. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi “Jika guru menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Tridharma Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dengan indikator keberhasilan siswa yang diperoleh nilai minimal 70 keatas meningkat dari 34,48% menjadi 75% dapat diterima, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus I dari 34,48% pada saat observasi menjadi 58,62%, dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus II meningkat dari 58,62% pada siklus I menjadi 79,31%. Kata Kunci : Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011