SKRIPSI

Penulis / NIM
SRIWAHYUNI MATANA / 211408287
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK Sri wahyuni Matana, 2013. Skripsi ini yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model Pembelajaran Number Heads Together”.Jurusan Pendidikan Ekonomi Prog. Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bpk Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, M.Pd selaku pemimbing I dan Ibu Robiyati, S.Pd. MAP selaku pembimbing II. Tujuan Penelitian ini adalah melalui Model pembelajaran Number Heads Together yaitu agar dapat mengetahui upaya Guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, Dan meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas dan merangsang siswa lebih giat belajar pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model pembelajaran NHT (Number Heads Together)Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.”. Hasil penelitian menunjukan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII IPS di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 70 yang mengalami peningkatan dari 25% saat observasi awal menjadi 57,14% hasil siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,71% hasil sipklus II. dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan di penuhi. Jadi pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan pada siklus belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “ jika guru menggunakan model pembelajaran (Number Heads Together) yang tepat maka akan menambah hasil belajar siswa pada mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran Ekonomi yang berada di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo dapat meningkat” dan dapat diterima. Penerapan penelitian tindakan kelas ini agar kiranya mendapat perhatian dan dukungan penuh dari semua unsur yang terlibat dalam tindakan kelas tersebut (Kepala sekolah, guru, serta siswa itu sendiri). Karena penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan ataupun pembelajaran di sekolah yang bersangkutan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Number Heads Together.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011