Penulis / NIM
SUHRIN YUSUF / 211408290
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Suhrin Yusuf. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS-Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII SMP Negeri 3 Telaga. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, Pembimbing II : Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Telaga pada pelajaran IPS Terpadu. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 3 Telaga melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Subyek yang dikenakan tindakan adalah 29 orang siswa kelas VIIA tahun pelajaran 2011/2012 dengan rincian 18 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Cara pemecahan masalah yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yakni hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu meningkat 70%-85%.
Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I, 23 dari 29 siswa atau 79,3% dinyatakan tuntas belajar dan memperoleh nilai 75 ke atas. Jumlah dan persentase, meningkat menjadi 27 dari 29 siswa atau 93,1% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan dinyatakan tuntas belajar pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Telaga tahun pelajaran 2011/2012 pada materi Macam dan tujuan badan usaha
Kata kunci, IPS ekonomi, pembelajaran model STAD, hasil belajar
Download berkas