SKRIPSI

Penulis / NIM
SUKAMTO S MOHI / 211408291
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Sukamto S. Mohi, “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Pokok Ekonomi”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kegiatan pokok ekonomi, pola pembelajaran masih didominasi oleh guru melalui metode ceramah, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS masih kurang, dan siswa kurang mampu mengemukakan ide baik kepada guru maupun sesama teman. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo pada materi kegiatan pokok ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ”Jika dalam pembelajaran materi kegiatan pokok ekonomi dengan menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa dari siklus I ke Siklus II. Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Namun demikian, karena ada 2 orang siswa yang belum mencapai KKM, maka guru memberikan bimbingan khusus di luar jam pelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Think-Pair-Share, Kegiatan Pokok Ekonomi.
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011