Penulis / NIM
TISON RASYID / 211408301
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Tison Rasyid, Nim: 211 408 301p, Pengaruh Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Randangan, Kab. Pohuwato. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Hi. Rosman Ilato, M.Pd (Pembimbing I) dan Badriyyah Djula,S.Pd,M.Pd (Pembimbing II). Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: “Apakah Terdapat Pengaruh Peranan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di kelas X SMA Negeri 1 Randangan, Kabupaten Pohuwato ?”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu ? = 23.21 + 0.71X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (Peranan Guru), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) sebesar 0,71 dan ini berari setiap terjadi perubahan pada indikator peranan guru, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Randangan. (2) pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.44 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 2.93. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier.(3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung =77.21 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 4.20. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan guru dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. (4) Peranan guru dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 72.25% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti kreativitas mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran.
Kata Kunci :Peranan Guru, Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas