Penulis / NIM
VANI BAKU / 211408306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Vani Baku. 2012.Skripsi.Judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-6 SMP Negeri 6 Gorontalo. Kosentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Hamzah Yunus, M.Pd dan Pembimbing II, Badriyyah Djula, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu.Peningkatan hasil belajar siswa mengunakan model pembelajaran kooperatiF Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-6 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa sudah baik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VII-6 SMP Negeri 6 Gorontalo Kota Gorontalo. Dengan subjek penelitian 35 orang, 1 orang 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua Siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar 62,28% atau 22 siswa dengan rata-rata kelas 71,842 dan siklus II mencapai ketuntasan sebesar 85, 72% atau 30 siswa dengan rata-rata kelas 84,14%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata IPS Terpadu dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas VII-6 SMP Negeri 6 Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Belajar, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Download berkas