Penulis / NIM
VERASANDI DJAFAR / 211408307
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Verasandi Djafar NIM. 211 408 307. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Suatu penelitian pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan Metode Diskusi dan Metode Ceramah pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo khususnya di kelas X?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi dan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 4 gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen To Group Post Test Only. Dalam penelitian ini ditetapkan yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terbagi atas dua kelas yakni kelas X-6 dan X-7 yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen.
Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan peneliti maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan teknik tes.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukan nilai varians total sebesar 123,74 dan B = 119,73 sehingga diperoleh X2hitung sebesar 0,43 sedangkan pada taraf nyata = 0,01 diperoleh X2(1-0,01)(2-1) = X2(0,09)(1) = 6,63. Hal ini menunjukan harga X2hitung lebih kecil dari X2daftar (0,43
Download berkas