SKRIPSI

Penulis / NIM
VYVY HARDIATY INDRA RUKMANA DUTIE / 211408308
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Vivi Hardiaty Dutie. Nim : 211408308. 2012. “ Hubungan Motivasi Dengan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IS (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 3 Gorontalo ). Skripsi” Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Bapak Raflin Hinelo, S.Pd. M.Si dan Pembimbing 2, Bapak Agil Bahsoan, S.Pd. M.Ag. Permasalahan penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan motivasi dengan aktivitas belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IS ( suatu penelitian Di SMA Negri 3 Gorontalo ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan aktivitas belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IS ( suatu penelitian Di SMA Negri 3 Gorontalo ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data yang di inginkan dan sesuai dengan kepentingan pelajaran maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan wawancara teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah Analisis Regresi dan Korelasi Linear sederhana. Hasil pengujian Hipotesis yang membuktikan adanya hubungan positif antara motivasi dengan aktivitas belajar siswa, member arti bahwa motivasi pada siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian hipotesis “ terdapat hubungan positif antara motivasi dengan aktivitas belajar siswa ” diterima. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini ditentukan hal-hal sebagai berikut : 1. Dalam penelitian ini diperoleh persamaan Regresi Y = 37,36 + 0,50X yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X, maka akan di ikuti oleh perubahan sebesar satu unit pada variabel Y, sebesar 2. Dalam penelitian menunjukan bahwa hubungan antara variabel X motivasi belajar dengan variabel Y aktivasi belajar siswa adalah sebesar 0,1681 yang berarti koefisien determinasinya adalah 16,81% bahwa terdapat hubungan motivasi dengan aktivasi belajar siswa sebesar 16,81 % sedangkan sebesar 83,19 % terdapat hubungan lain yang tidak di desain dalam penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa ABSTRACT Vivi Hardiaty Dutie. Nim : 211408308. 2012. “ The Relationship of Motivation and Students’ Learning Activities on Accounting subject in Social Science Second Year Class ( A study in SMA Negeri 3 Gorontalo ). Department of Economics Education, Faculty of Economis and Business, Gorontalo State University. Supervisors are Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si and Agil Bachsoan S.Ag, M.Ag. This research issue is whether there is a relationship of motivation and students’ learning activities on accounting subject in social science second year class ( a study in SMA Negeri 3 Gorontalo ). The study aims to determine the relationship of motivation and students’ learning activities on accounting subject in social science second year class ( a study in SMA Negeri 3 Gorontalo). The method used in this study is a quantitative method. To obtain the desired data and in accordance with the interests of the lessons the authors used the technique of collecting data through questionnaires, observatioan and interview techniques. To analyze the data used simple Regression Analysis And Linear Correlation. The test result prove the hypothesis that a positive relationship of motivation and students’ learning activities, meaning that the students’ motivation to improve students’ learning activities. Thus the hypothesis “ there is a positive relationship of motivation and students’ learning activities on accounting subject in social science second year class ( a study in SMA Negeri 3 Gorontalo)” proven and acceptable. Based on the results of data analysis in this study determined the following matters : 1. In this study obtained regression equation Y = 37,36 + 0,50X, which means that any changes by one unit the X variable, it will be followed by a change of one unit in the variable. 2. In the study showed that the relationship between X variables of motivation toward Y variables of students’ learning activities is 0.1681 which means that the coefficient of determinations is 16.81 % that there is a relationship with the students’ learning activities for 16.81 % while 83.19 % are not designed in this study. Keywords : Motivation And Students’ Learning Activities
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011