Penulis / NIM
WAHYUNI / 211408310
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuni. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan mengunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-8 SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi. Kosentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Hamzah Yunus, M.Pd dan Pembimbing II, Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiF Tipe snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Gorontalo.Peningkatan hasil belajar siswa mengunakan model pembelajaran kooperatiF Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-8 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa sudah baik.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VII-8 SMP Negeri 6 Gorontalo Kota Gorontalo. Dengan subjek penelitian 34 orang, 19 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar 47,06% atau 16 siswa dengan rata-rata kelas 71,73%, dan siklus II mencapai ketuntasan sebesar 88,23% atau 30 siswa dengan rata-rata kelas 81,91%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing Pada Mata IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-8 SMP Negeri 6 Gorontalo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Snowball Throwing, dan Hasil Belajar.
Download berkas