SKRIPSI

Penulis / NIM
WIDYAWATI R MANDOLA / 211408312
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Widyawati R. Mandola. 2013. “Hubungan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Badriyyah Djula, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasX 7 SMA Negeri 1 Gorontalo sebanyak 25 orang. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa penyebaran angket dan tes hasil belajar dalam bentuk objektif. Tes hasil belajar diberikan kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 1 kali yaitu pada akhir materi pembelajaran. Dari hasil analisis pengujian hipotesis pada taraf kepercayaan ? = 0,01 diperoleh tdaftar = 2,81. untuk uji linearitas persamaan regresi diperoleh F_hitung = 4,23 untuk taraf nyata ? = 0,05 dengan dk pembilang = 17 dan dk penyebut = 6 diperoleh F_((0,95)(17,6)) = 2,70. Karena F_hitung= 4,23 ? F_tabel = 2,70, berarti persamaan regresi Y ? = 9,11 + 0,055 x berbentuk linear. Kemudian untuk pengujian signifikan persamaan regresi diperoleh F_hitung = 0,80 untuk taraf nyata ? = 0,05 dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 23 diperoleh F_((0,95)(1,23)) = 4,12. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru agar dalam setiap proses pembelajaran selalu berusaha menciptakan susana kelas yang nyaman dan bersahabat, dengan menerapkan teknik pengelolaan kelas secara efektif, sehingga siswa dapat semaksimal mungkin menerima dan memahami materi yang diberikan. Selain kepada guru, siswa juga diharapkan dapat berperan aktif sehingga dapat terjadi umpan balik dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung. Karena hal tersebut memiliki kontribusi positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011