SKRIPSI

Penulis / NIM
WINDA ACHMAD / 211408313
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Abstrak
ABSTRAK Winda Achmad Nim 211 408 313 “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Dra.Irina Popoi, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel berjumlah 33 orang. Dengan Identifikasi masalah sebagai berikut: 1) Masih banyak guru yang masih menggunakan pendekatan ceramah, 2) Dalam proses pembelajaran siswa hanya menonton dan mendengarkan penjelasan guru dan sulit untuk mengemukakan ide-ide atau pendapat sebagai pikiran banding, dan 3) Kebanyakan siswa tidak mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan guru. berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa perhitungan koefisien regresi dengan menggunakan uji t diperoleh t_(hitung )> t_tabel telah berada di luar daerah penerimaan H_0, atau menolak H_0 dan menerima H_1 sehingga dapat di simpulkan bahwa koefisien regresi strategi Pembelajaran Inkuiri berpengaruh positif dan singnifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti dapat memberikan beberapa rekomendasi kontributif sebagai berikut: 1) Bagi pimpinan SMA Negeri 4 Gorontalo beserta staf pendidik agar kiranya Strategi Pembelajaran Inkuiri yang telah diterapkan dapat dilakukan lebih efektif karena telah terbukti memiliki pengaruh yang kuat terhadap Motivasi Belajar Siswa, dan 2) Kepada para peneliti selanjutnya untuk melakukan peneliti lanjutan, yang kemudian di harapkan dapat menambah variabel lain yang mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa, sehingga dapat menambah wawasan lebih luas. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar Siswa. ? ABSTRACT Winda Achmad Nim 211 408 313 " Effect of Learning Strategies Student Motivation inquiry Against Class XI Lesson In Economics in Senior High School 4 Gorontalo ". Economics Education Studies Program, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, State University under the guidance of Gorontalo Dr.Ir. Syarwani Canon, M.Si and Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd. This study aims to see how the influence of an inquiry Learning Strategies Against Student Motivation Class XI On the Subject of Economics in Senior High School 4 Gorontalo city. The method used is a quantitative research method by the number of samples amounted to 33 people. With problem identification as follows: 1) still many teachers that still to use to approach lecture, 2) in course of only watch student study and listen teacher explanation and difficult to propose ideas or opinion as equal idea, and 3) majority student doesn't do practice exercises that given teacher. based on simpulan that got in this watchfulness that regression coefficient calculation by using test t is get = 5,1 as according to hypothesis testing criteria accepts t_(hitung )> t_tabel beyond acceptance region H_0, or averse H_0 and get H_1 so that can at conclude that study strategy regression coefficient inkuiri positive influential and singnifi towards motivation learns student. From watchfulness result that done so researcher can give several recommendations kontributif as follows: 1) for leadership sma country 4 gorontalo along with educator staff so that presumably study strategy inkuiri that applied can be done effectiveer because proved has strong influence towards motivation has learnt student, and 2) to researchers furthermore to do continuation researcher, then at intended can variable increase other that influence motivation learns student, so that can broader insight increase. Keywords: An inquiry Learning Strategies, Student Motivation.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011