Penulis / NIM
WIRNA MOKODOMPIT / 211408314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
WIRNA MOKODOMPIT. NIM. 211408314 Skripsi 2012 “Pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siwa (Suatu penelitian pada siswa Kelasl XI IPS SMA Negeri 1 Lolak). Dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di kelas XI IPS SMA N 1 Lolak. Dalam penelitian ini, siswa yang ada di kelas XI IPS yang berjumlah 30 orang sebagai populasi dengan sampel dari jumlah populasi tersebut sejumlah 30 orang. Metode pengumpulan data adalah metode random sampling dengan bentuk studi regresi, instrument pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini salah satunya adalah angket. Data-data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus regresi dan korelasi, namun sebelumnya dilalui dengan uji normalitas data varians kedua variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dengan harga koefisien korelasi mencapai 0,8935. Hal ini menunjukkan bahwa 89,35% variasi yang terjadi pada prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran kelompok. Pada pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh harga thitung (15,18) lebih besar dari ttabel (2,76) dan berada di luar daerah Ho. Sehingganya dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis peneliti ”terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi pada siswa Kelasl XI IPS SMA Negeri 1 Lolak ” terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci : Metode Pembelajaran kelompok dan Prestasi Blejar Siswa
Download berkas