SKRIPSI

Penulis / NIM
WIWIN WIDYANINGSI UMAR / 211408315
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Wiwin W. Umar. 211 408 315 “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr.H.Rosman Ilato,M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tujuan penelitian: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Pengaruh variabel X (Kinerja Guru) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar Siswa). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 205 orang dan sampel berjumlah 40 orang. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Terdapat Pengaruh positif antara Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hal ini dibuktikan perhitungan statistik, koefisien determinasi r^2 = 0,5184 atau 51,84%. Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi Belajar Siswa sebesar 51,84% ditentukan oleh Kinerja Guru sedangkan sisanya 48,16% dipengaruhi oleh variabel lain. 2) Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Terdapat pengaruh positif kinerja Guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mengajukan beberapa rekomendasi/saran yaitu sebagai berikut: 1) Bagi segenap unsur sekolah terutama para guru harus lebih efektif meningkatkan kinerjanya sehingga berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo, hal ini karena telah terbukti dari hasil penelitian bahwa sebesar 51,84% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kinerja guru, sedangkan sisanya 48,16% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak didesain dalam penelitian ini seperti penggunaan media pembelajaran, Strategi Pembelajaran, penggunaan variasi mengajar guru dan lain-lain, sehingga dapat menambah wawasan lebih luas, 2) Kepada para peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan, yang kemudian diharapkan dapat menambah variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Kinerja Guru, Motivasi Belajar Siswa. ?
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011