Penulis / NIM
YANI MUDA / 211408316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Yani Muda, 2012. ”Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yakni untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo.
Berdasarkan data dari 40 orang sampel, dengan menggunakan analisis regresi maka hasilnya menunjukan bahwa terdapat hubungan pengelolaan kelas dengan aktivitas belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan perhitungan pada lampiran 7 diperoleh thitung = 3,651 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t (1 - ½?) < thitung < t (1 - ½?) dengan ? = 0,05, dan dk = n – 2. tdaftar = 1,68 dengan demikian thitung ? tdaftar telah berada diluar penerimaan H0, atau menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ”terdapat hubungan positif antara pengelolaan kelas dengan aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo dinyatakan dapat diterima”.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar siswa
ABSTRACT
Yani Muda, 2012. “The Relationship of classroom management toward students’ learning ativities on economics subject in Madrasah Aliyah Negeri Model of Gorontalo”. Study Program of Economics Education, Majoring of Accounting Education, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Gorontalo State University. Supervisor are Dr. Hamzah yunus, M.Pd and Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
The study aims to determine the Relationship of classroom management toward students’ learning ativities on economics subject in Madrasah Aliyah Negeri Model of Gorontalo The method used is a quantitative method to determine how much the Relationship of classroom management toward students’ learning ativities on economics subject in Madrasah Aliyah Negeri Model of Gorontalo
Based on data from the 40 samples, using regression analysis, the results indicate that there is an influence of The Relationship of classroom management toward students’ learning ativities, this was evidenced through hypothesis testing used in this study which is the t test. Based on the calculations in appendix 7 thitung = 3.651 is in accordance with accepted criteria for testing the hypothesis H0 if t (l - ½?) < thitung < t (1 + ½?) by ? = 0.05, and dk = n - 2. tdaftar = 1.68 thus thitung > tdaftar has been out of H0 acceptance, or reject H0 and accept Ha. It can be concluded that the hypothesis states “there is a positive Relationship of classroom management toward students’ learning ativities on economics subject in Madrasah Aliyah Negeri Model of Gorontalo deckared proven and accaptable?
keyword: Classroom management toward students’ learning ativities
Download berkas