Penulis / NIM
YESMIATY ATUNA / 211408320
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Yesmiaty Atuna Nim 211 408 320 “Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo..
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian kuantitatif. Dengan desain penelitian yaitu Hubungan Variabel X (Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)) dengan Variabel Y (Motivasi Belajar Siswa)., sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang. Dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh t_hitunglebih besar dari pada t_daftar atau harga t_hitung telah berada di luar penerimaan H_0, sehingga korelasi di atas benar-benar signifikan. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo”, diterima
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran CTL, Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas