SKRIPSI

Penulis / NIM
YOEAN DJAFAR / 211408321
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK YOEAN DJAFAR. NIM 211 408 321 Skripsi 2012 “ Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (penelitian pada mata pelajaran Ips Terpadu kelas VIII-2 di Smp Negeri 10 Gorontalo) “ dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Radia Hafid, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui model cooperative learning tipe Numbered Heads Together di Smp Negeri 10 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data adalah hasil pengamatan dan kegiatan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Ips terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 Smp Negeri 10 Gorontalo tahun ajaran 2012-2013. Peningkatan proses pembelajaran dan kegiatan belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa, hal ini dapat ditunjukkan pada siklus I, hasil belajar siswa dari hasil analisis yang digunakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran ekonomi pada mata pelajaran Ips dari 23 siswa yang dikenai tindakan, hanya 16 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai 70 keatas atau 69,57% dan yang mendapat nilai 70 kebawah 30,43% yaitu sebanyak 7 siswa. Sedangkan pada siklus II dimana dari 23 orang siswa yang dikenai tindakan 19 diantaranya mendapat nilai 70 keatas atau 82,61% sedangkan yang mendapat nilai 70 kebawah 17,39% sebanyak 4 orang siswa, dengan demikian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga hipotesis yang berbunyi : Jika guru mengggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-2 dengan baik, maka hasil belajar siswa akan meningkat dinyatakan dapat diterima. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011