SKRIPSI

Penulis / NIM
YULFITA HASAN / 211408324
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Yulfita Hasan. NIM : 211 408 324. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Penelitian Pada Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Bolaang Uki). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bolaang Uki khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bolaang Uki khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bolaang Uki tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 65% menjadi 90% atau rata-rata kelas 7,42 pada siklus I menjadi 8,92 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bolaang Uki akan meningkat”, dinyatakan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011