Penulis / NIM
YULIN HUKO / 211408326
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Abstrak
ABSTRAK
Yulin Huko. 211408326. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisinis Dibimbing oleh Bapak Drs. Maha Atma Kadji. M.si (Pembimbing I) dan Bapak Irwan Yantu S.Pd. M.si (Pembimbing II).
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah “Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dikelas X3 Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo”. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan.
Hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut:
Hasil penelitian siklus I: hasil belajar siswa dari 23 orang yang dikenai tindakan, yang memperoleh nilai 70 keatas berjumlah 15 orang (65,21%), sedangkan yang memperoleh nilai kurang dari 70 berjumlah 8 (34,79%). Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian siklus II: Hasil belajar siswa dari 23 orang yang dikenai tindakan , yang memperoleh nilai diatas 70 berjumlah 20 (86,95%), 3 orang siswa (13,04%) memperoleh nilai kurang dari 70. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis yang berbunyi jika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan pada mata pelajaran ekonomi, maka hasil belajar siswa akan meningkat ”Terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif
Download berkas