Penulis / NIM
YULINDA LAWENDATU / 211408327
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Yulinda Lawendatu. NIM. 211 408 327. Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Chart Dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo ( Suatu Penelitian di kelas X^4 dan X^1 MAN Model Gorontalo ). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Idris Yanto Niode, S.Pd, MM dan Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Chart dan konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana tekhnik tes yakni penelitian menjadikan tes sebagai alat ukur perbandingan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen, selain tekhnik tes untuk melakukan pengumpulan data dilakukan tekhnik observasi.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu melalui uji t berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh t_hitung sebesar = 5,4 sedangkan untuk t_daftar pada taraf nyata 0,05 dan dk = 38 diperoleh nilai t_daftar sebesar = 1,68, sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi “ Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Chart lebih tinggi dibandingkan dengan konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Gorontalo” dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran Chart mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, dibandingkan dengan hanya menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Hasil belajar siswa, Media pembelajaran chart
Download berkas