Penulis / NIM
ZULNAIDIN MATANI / 211408333
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAKZulnaidin Matani. 211 408 333 ”Perbedaan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Role Playing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si (Pembimbing I) dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag (Pembimbing II).Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan tipe role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan tipe role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo?.Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan jumlah 3 kelas, namun dalam penelitian ini yang ditetapkan menjadi sampel adalah dua kelas terdiri dari kelas XI-IPSA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPSB sebagai kelas kontrol.Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi ”terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan tipe role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo”, dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah.Kata Kunci: Tipe Snowball Throwing, Tipe Role Playing, dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas