Penulis / NIM
NURLAELA LAHIDO / 211408355
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaela Lahido, Nim : 211 408 355. Hubungan Strategi Pembelajaran Inqury Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 4 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbingan oleh Bapak Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si (Pembimbing I) dan Ibu Badriyah Djula, S.Pd, M.Pd (Pembimbing II). Penelitia ini di laksanakan berdasarkan rumusan masalah “Apakah Terdapat Hubungan Strategi Pembelajaran Inquiry Dengan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas X, XI dan XII Akuntansi Di SMK Negeri 4 Gorontalo?”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah (1) persamaan regresi yaitu Ý = 37,45 = 0,50X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X ( Streategi Pembelajaran Inquiry), maka akan di ikuti oleh perubahan rata-rata indikator Y( Motivasi Belajar siswa ) sebesar 0,50 dan ini berarti setiap terjadi peruba Strategi pembelajaran Inqury, maka akan di ikuti oleh perubahan rata-rata indikator motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Gorontalo. (2) pengujian Linieritas persamaan Regresi di di peroleh harga Fhitung = 1,62 sedangkan daftar distribusi frekuensi Fdaftar = 2,38. Ternyata harga Fhitung Lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat di simpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier. (3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi di peroleh Fhitung = 12,22 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 7,08. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif antara strategi pembelajaran inquiry dengan motivasi belajar siswa. (4) strategi pembelajaran inquiry bisa dapat memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 17,41 % dan sisanya terdapat hubungan lain yang tidak di desain dalam penelitian ini.
Kata kunci :Strategi Pembelajaran Inqury dan Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas