Penulis / NIM
LINA / 211408356
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
L I N A, 211 408 356. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi” (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 2 Gorontalo). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Model Konvensional pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI Di SMA Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen, dimana metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik parametik uji kesamaan rata-rata atau t- test. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti, selanjutnya mengadakan analisis terhadap data-data hasil penelitian dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis berbentuk uraian.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukan nilai varians total sebesar 64,86 dan ? = 121,3973, sehingga diperoleh harga X2 hitung sebesar 3,17, sedangakan pada taraf nyata ? =0,01 diperoleh X2 (1-0,01)(2-1)= X2 (0,99)(1)= 6,63. Hal ini menunjukan harga X2 hitung lebih kecil dari X2 daftar sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil penelitian memiliki varians populasi yang homogen. Sedangkan dalam perhitungan homogenitas diperoleh t = 7,53 Terima Ho jika- t(1-1/2?)
Download berkas