Penulis / NIM
FATRAH KAMU / 221405002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Abstrak
FATRAH KAMU. Nim. 221 405 002, “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Model Pembelajaran Think, Write And Talk Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas ViiiA Smp Negeri 2 Bolang Itang Timur Kabupaten Bolmong Utara”, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Program Studi PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan utama penelitian ini yaitu rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Think, Write And Talk di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Bolang Itang Timur semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan kegiatan belajar mengajar dan tes hasil belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran.
Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think, Write And Talk maka kreativitas belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu siklus I siswa yang memperoleh nilai 70 keatas ada 19 orang siswa atau 63,33% menjadi 24 orang siswa atau 80% pada siklus II. Olehnya hipotesis “Jika guru menggunakan model pembelajaran Think, Write And Talk maka kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Bolang Itang Timur dapat ditingkatkan”, teruji dan terterima.
Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Model Pembelajaran Think, Write And Talk.
Download berkas