Penulis / NIM
ASEP MALIK / 221407016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DIAN EKAWATY ISMAIL, SH., MH / 0023127405
Pembimbing 2 / NIDN
ZAMRONI ABDUSSAMAD, SH., MH / 0012077005
Abstrak
Asep, Malik. 2012. Pengaruh lingkungan pergaulan terhadap motivasi belajar
siswa (suatu penelitian pada siswa SMA Muhammadiyah Batudaa Kabupaten
Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu
Hukum Dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Dibawah bimbingan Ibu Dian
Ekawaty Ismail, S.H.,M.H, Selaku Pembimbing I dan Bapak Zambroni
Abdussamad, S.H, M.H Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yaitu pengaruh lingkungan
pergaulan terhadap motivasi belajar siswa di kelas XII SMA Muhammadiyah
Batudaa Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan penelitian yang telah dirumuskan,
maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh lingkungan pergaulan terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XIIIPS
di SMA Muhamadiyah Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistika inferensial
dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dimana dalam mengumpulkan
data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan secara simultan lingkungan pergaulan siswa
berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan hasil
pengujian hipotesis menunjukan bahwa persamaan ? = 28,6+0,6X yang telah
diuji keberartiannya pada taraf nyata ? 0,01 merupakan hubungan fungsional yang
berlaku pada populasi bedasarkan sampel yang diambil dari populasi yang
bersangkutan. Persamaan tersebut mengandung makna bahwa setiap terjadi
perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 1 (satu) unit pada pergaulan
siswa (dengan konstanta 28,6) akan diikuti oleh perubahan rara-rata sebesar 0,6
pada motivasi belajar siswa di kelas XII SMA Muhammadiyah Batudaa.
Kata Kunci: Lingkungan Pergaulan, Motivasi Belajar
Download berkas