Penulis / NIM
MELINDA D. JANI / 221407049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
Melinda Djani, 2012. “ Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Kiyai Modjo Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Di bawah bimbingan Bapak Revoltje. O.W Kaunang M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Maisara Sunge, S.H.,M.H selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru di Madrasah Aliyah Kiyai Modjo Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat dan mengetahui Apakah Terdapat Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru di Madrasah Aliyah Kiyai Modjo.
Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif korelatif melalui metode analisis statistika inferensial dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket.
Penelitian ini berhasil menyimpulkan secara simultan mengenai Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Kiyai Modjo dengan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa persamaan ? = 29,7+0,36X yang telah diuji keberartiannya pada taraf nyata ? 0,01 merupakan hubungan fungsional yang berlaku pada populasi bedasarkan sampel yang diambil dari populasi yang bersangkutan. Persamaan tersebut mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 1 (satu) unit pada kepemimpinan Kepala Sekolah (dengan konstanta 29,7) akan diikuti oleh perubahan rara-rata sebesar 0,36 pada kinerja guru di Madrasah Aliyah Kiyai Modjo Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Download berkas