SKRIPSI

Penulis / NIM
RIFKAL SANGGILANG / 221407070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK Rifkal Sanggilang, Nim : 221407070 "Kompetensi Guru Pkn Dalam Meningkatkan Konsep Pendidikan Karakter Di SMPN I Bintauna" Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan (IHK) Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Dr. Sastro Wantu, M.Si (II) Dr. Udin Hamim, S.Pd, S.H, M.Si Sripsi ini tak lain membahas tentang kompetensi guru yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Carut-marut kehidupan negeri ini yang tidak menyenangkan serta sikap dan tingkah anak bangsa dinilai kurang baik atau bisa dikatan sebagai salah satu masalah besar bagi negeri ini hanyalah menjadi khiasan kehidupan bernegara bagi negeri ini dikarenakan belum terselesaikan oleh pemerintah, seperti contoh KKN, Kriminal, kenakalan remaja dan masi banyak lagi nilai nilai karakter di negeri ini yang sering terjadi yang berkaitan dengan minimnya nilai karakter yang tertanam pada setiap pribadi anak bangsa sehingganya penulis mengkalim sebagai masalah besar dan merupakan tanggung jawab kita semua. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP N 1 Bintauna. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penentuan validitas data adalah dengan menggunakan triangulasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini sesuai dengan metode penelitian yang dibutuhkan dengan memperoleh data dari sumber yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini dengan responden terfokus pada guru, wakil kepsek bagian kesiswaan dan kepala sekolah serta siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn berjalan cukup baik menggunakan pendekatan-pendekatan: Pendekatan peanaman nilai dengan keteladanan. Seperti guru selalu datang tepat waktu, bertutur kata yang baik, dan berpakaian rapi; Pendekatan moral kognitif dilakukan dengan melakukan diskusi cara-cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. 2) Hambatan dalam penanaman nilai karakter seperti guru terkadang memprioritaskan penyelesaian materi tanpa memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai karakter; kurangnya atau tidak adanya pelatihan guru mengenai penanaman nilai-nilai karakter, dan pemahaman orang tua terhadap nilai nilai karakter yang masi minim dalam lingkungan keluarga. 3) Upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan tugas yang merangsang penanaman nilai-nilai karakter. Saran yang diberikan adalah Guru teladan sebaiknya meningkatkan sikap dan perilaku yang berkarakter serta perlu Kata Kunci : Kompetensi Guru PKn Meningkatkan Konsep Pendidikan Karakter
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011