Penulis / NIM
SRI SUSANTI LAIMA / 221407082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Sri Susanti Laima, “Meningkatkan pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran
PKn Melalui Metode Problem Solving Di kelas VIII SMP Negeri 2 Tolinggula, Gorontalo Utara. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas negeri Gorontalo, Pembimbimg 1 Bapak Drs. R.O.W. Kaunang, M.Pd. dan Pembimbing II Bapak Dr. H. Sukarmankamuli, M,Si.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran Problem Solving.Penelitian di laksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tolinggula .Permasalahan utama penelitian inir endahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, denganmenggunakanalatpengumpulan data berupalembarobservasikegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran.
Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan menggunakan metode problem solving maka pemahamansiswa dapat ditingkatkan. Hal initerlihat pada pemahaman siswa yaitu padasiklus 1 hanya 36% pada siklus 2 menjadi 88 %.Oleh karena itu jika guru menggunakan metode pembelajaran Problem Solving maka pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat diterima.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Pembelajaran PKn, Problem Solving.
Download berkas