SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI SUSANTI LAIMA / 221407082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Sri Susanti Laima, “Meningkatkan pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Problem Solving Di kelas VIII SMP Negeri 2 Tolinggula, Gorontalo Utara. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas negeri Gorontalo, Pembimbimg 1 Bapak Drs. R.O.W. Kaunang, M.Pd. dan Pembimbing II Bapak Dr. H. Sukarmankamuli, M,Si. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran Problem Solving.Penelitian di laksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tolinggula .Permasalahan utama penelitian inir endahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, denganmenggunakanalatpengumpulan data berupalembarobservasikegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan menggunakan metode problem solving maka pemahamansiswa dapat ditingkatkan. Hal initerlihat pada pemahaman siswa yaitu padasiklus 1 hanya 36% pada siklus 2 menjadi 88 %.Oleh karena itu jika guru menggunakan metode pembelajaran Problem Solving maka pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat diterima. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Pembelajaran PKn, Problem Solving.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011