Penulis / NIM
YUSNITA A. DULAMBUTI / 221407095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Abstrak
Yusnita A Dulambuti, Nim 221 407 095 “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperative Learning
Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Satu Atap Bonepantai
Kab.Bonebolango”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan
Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri
Gorontalo.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran
kooperative learning tipe index card match pada SMP N 2 Satu Atap Bonepantai
Kab. Bonebolango.
Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam mengumpulkan data
melalui observasi sehingga data yang diperoleh benar-benar akurat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Bertolak dari penjelasan ini peneliti dapat
menyimpulkan bahwa semua siswa telah tuntas pada materi PKn yang telah
diajarkan oleh guru dengan hasil capaian tuntas, ini berarti bahwa perbaikan yang
dilaksanakan berhasil dengan baik. Dimana dalam siklus I pertemuan II ini
aktifitas belajar siswa meningkat, sehingga semua siswa memperoleh nilai yang
memuaskan, dimana 3 (13,1%) siswa memperoleh nilai 85, 15 (65,22%) siswa
memperoleh nilai 80 dan 5 (21,73%) siswa memperoleh nilai 75.
Dalam penerapan model pembelajaran Kooperative Learning Tipe Index
Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar yang tinggi dan ketuntasan hasil
belajar degan ketercapaian 100%, pada siswa kelas VIII khususnya di SMP N 2
Satu Atap Bonepantai Kab. Bonebolango.
Kata Kunci : Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Model pembelajaran
Kooperative Learning Tipe Index Card Match
Download berkas