SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSNITA A. DULAMBUTI / 221407095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
NIRWAN JUNUS, SH., MH / 0002066906
Abstrak
Yusnita A Dulambuti, Nim 221 407 095 “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperative Learning Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Satu Atap Bonepantai Kab.Bonebolango”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperative learning tipe index card match pada SMP N 2 Satu Atap Bonepantai Kab. Bonebolango. Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam mengumpulkan data melalui observasi sehingga data yang diperoleh benar-benar akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Bertolak dari penjelasan ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa semua siswa telah tuntas pada materi PKn yang telah diajarkan oleh guru dengan hasil capaian tuntas, ini berarti bahwa perbaikan yang dilaksanakan berhasil dengan baik. Dimana dalam siklus I pertemuan II ini aktifitas belajar siswa meningkat, sehingga semua siswa memperoleh nilai yang memuaskan, dimana 3 (13,1%) siswa memperoleh nilai 85, 15 (65,22%) siswa memperoleh nilai 80 dan 5 (21,73%) siswa memperoleh nilai 75. Dalam penerapan model pembelajaran Kooperative Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar yang tinggi dan ketuntasan hasil belajar degan ketercapaian 100%, pada siswa kelas VIII khususnya di SMP N 2 Satu Atap Bonepantai Kab. Bonebolango. Kata Kunci : Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Model pembelajaran Kooperative Learning Tipe Index Card Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011