Penulis / NIM
EVA RIVANA FRANSSISKA DJUUNA / 221408002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Eva Rivana Fransiska Djuuna. NIM. 221408002. Hubungan Motivasi Intrinsik dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya motivasi intrinsik dalam diri siswa dalam mengikuti pelajaran PKN. Tujuan dari pemelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan motivasi intrinsi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di kelas XI SMA negeri 4 Gorontalo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI, dan yang diambil sampel adalah 50 orang. Dalam pengujian Normalitas digunakan uji Chi Kuadrat dengan taraf nyata 0,01 dan 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh X2 HITUNG = 4.75 dan X2 daftar (0.95)(5) = 11,070 untuk variabel X, dan untuk variabel Y diperoleh X2 hitung = 6.19 dan X2 daftar (0.95)(5)=11,070 dari hasil perhitungan di peroleh X2 hitung < X2 daftar sehingga dapat dikatakan semua data yang diperoleh berdistribusi normal. Dengan menggunakan persamaan Regresi Linear Y= a +bX diperoleh Y = 24,30 + 2,25X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit Variabel X maka akan di ikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y sebesar 2,25. Untuk uji Signifikan diperoleh t hitung = 7.66 pada taraf nyata alpha = 0.05 dan n = 50 uji satu pihak dk = n-2 = 50 - 2 = 48 sehingga diperoleh t tabel = 1.6788. Dari perhitungan dapat disimpulkan t hitung > t tabel. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa motivasi intrinsik mempunyai hubungan dengan prestasi belajar siswa di terima.
Kata kunci Motivasi Intrinsik, Prestasi Belajar Siswa.
Download berkas