Penulis / NIM
JULAIHA A. RADJAK / 221408003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
ZULAIHA ABD. RADJAK, NIM 221 408. 2014.Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Pkn Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiry (SPI)di SMP Negeri 2 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiry dapat Meningkatkan Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Atinggola?
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara Selama 2 Bulan september 2013 sampai november 2013. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan diambil " Pusposive Sampling", yakni memilih jumlah informan yang dianggap mampu dan dipercaya untuk menjadi sumber dan mengetahui masalah secara mendalam. Validitas data digunakan teknis analisis data menggunakan strategi Pembelajaran Inkuiry yaitu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban darisuatu masalah yang dipertanyakan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran Inkuiry di kelas VIII (dua) SMP Negeri 2 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara bahwa strategi pembelajaran inkuiry (SPI) meliputi: kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada siklus I sebanyak siswa dari yaitu 75,25%. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 85,25%.
Kata kunci :Kemampuan SiswaMemecahkan Masalah Strategi pembelajaran Inkuiry.
Download berkas