SKRIPSI

Penulis / NIM
AYENG A. PAKAYA / 221408013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter (Di SMP N 1 Bulawa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana guru berperan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dan Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh para guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Pkn, guru agama dan kepala sekolah. Analisis data yang digunakan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data memperpanjang masa observasi, pengamatan terus menerus, dan triangulasi. Hasil penelitian Pertama, Penerapan atau implementasi pendidikan karakter pada siswa tidak terlepas dari peranan guru, karena guru pada hakekatnya sebagai pendidik, pengajar, penasehat, teladan, dan motivator bagi para peserta didik. Kedua, meskipun implemenmtasi pendidikan karakter di SMP N 1 Bulawa dari tahun 2009 hingga saat ini menunjukan peningkatan yang sangat baik dari pada tahun-tahun sebelum, namun para guru dan kepala sekolah terus mengupayakan agar supaya hal tersebut dapat didorong oleh orang tua siswa. Kendala yang dihadapi para guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, diantaranya. a) Letak Geografis Sekolah yang jauh dari tempat tinggal para siswa, sehingga dapat menghambat proses pelaksanaan kegiatan-kegiatan belajar dan ekstrakurikuler, b) Dengan tingkat pendidikan orang tua murid masih sangat Rendah dapat menghambat penerapan pendidikan karakter, sebab para orang tua hanya beriskap diam dan menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada para guru dan mereka tidak menyadari bahwa peran orang tua sangat membantu tercapainya tujuan tersebut, dan c) Kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pendidikan karakter, karena dengan pengetahuan para peserta didik sangat mendukung tercapainya pendidikan karakter yang berikan pada setiap saat proses pembelajaran, karena sulit menerapkan bahkan memberikan pemahaman kepada siswa jika mereka sendiri tidak bisa memahami apa itu pendidikan karakter, tujuannya, dan apa manfaatnya bagi mereka, baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Keywords: : Teacher Role, Character Education
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011