Penulis / NIM
FATMAWATY DJALIL / 221408023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Fatmawati Djalil. Nim. 221408023. “Meningkatkan kemampuan berbicara
siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Debate di Kelas X TKJ
SMK Negeri 1 Bonepantai. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan
Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Hj.Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II Dr.
Sukarman Kamuli, M.Si
Masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah kemampuan berbicara siswa
di kelas X dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Active
Debate ? Kemudian yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan Model
Pembelajaraan Active Debate.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan
kelas (PTK), dimana peneliti bertindak sebagai Guru yang kemudian diamati oleh
para observer atau pengamat, data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian
diolah dengan menggunakan persentase.
Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Active Debate dapat meningkatkan
kemampuan berbicara siswa, berdasarkan data hasil penelitian menunjukan dari
empat kemampuan belajar siswa yang diamati dalam penelitian ini itu
menunjukan bahwa semua kemampuan yang diamati sudah mencapai standar
yang ditetapkan yaitu 75% dan mengalami peningkatan sebesar 18% dari siklus I
ke siklus II, dan untuk keaktifan siswa secara individu juga mengalami
peningkatan dari 17% menjadi 100%
Kata Kunci : Kemampuan berbicara, Model Pembelajaran Active Debate
Download berkas