SKRIPSI

Penulis / NIM
HUNCES MUTIARA / 221408033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Hunces Mutiara. ’’Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata peljaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Complete Sentence di kelas VIII SMP Negeri 2 Dulupi’’. Di bawah bimbingan Hj. Maisara sunge. SH MH dan Asmun W. Wantu. S.Pd M.Sc. Program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan. Fakultas ilmu sosial. Universitas negeri gorontalo. 2012 Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sebagian besar siswa kurang menmpakan kreatifitasnya dalam bentuk respons terhadap informasi yang diberikan. Dan tentunya hal ini merupakan tanggung jawab dari guru yang melakukan proses pembelajaran dimaksud. Oleh karena itu melalui penelitian ini penulis berkeinginan untuk memecahkan masalah kurangnya kreatifitas siswa dalam pelajaran PKn dengan mengoptimalkan penggunaan metode mengajar yang dapat merangsang siswa aktif belajar yakni metode diskusi motode complete sentence. Jenis penelitian ini merupakan penetian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N. 2 Dulupi. Berdasarkan hasil penlitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : Adanya peningkatan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran complete sentence maka hipotesis yang berbunyi jika dengan menerapkan metode pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dulupi pada materi “ memahami pelaksanaan demokrasi dalam bebagai kehidupan” dapat diterima. Adanya peningkatan prosentase aktivitas belajar baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa dalam pembelajaran dari siklus I pertemuan per-1 dan ke 2. Adanya perubahan hasil belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran complete sentence yaitu terdapat 10 orang siswa yang tidak tuntas dari 26 siswa yang dikenai tindakan dengan rata-rata 6,55. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran complete sentence maka hasil belajar siswa meningkat dimana hanya terdapat seorang siswa saja yang tidak tuntas dari 26 siswa yang dikenai tindakan. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Complete Sentence
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011