Penulis / NIM
HUNCES MUTIARA / 221408033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Hunces Mutiara. ’’Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
peljaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Complete
Sentence di kelas VIII SMP Negeri 2 Dulupi’’. Di bawah bimbingan Hj.
Maisara sunge. SH MH dan Asmun W. Wantu. S.Pd M.Sc. Program studi
pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. jurusan ilmu hukum dan
kemasyarakatan. Fakultas ilmu sosial. Universitas negeri gorontalo. 2012
Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sebagian besar siswa
kurang menmpakan kreatifitasnya dalam bentuk respons terhadap informasi
yang diberikan. Dan tentunya hal ini merupakan tanggung jawab dari guru
yang melakukan proses pembelajaran dimaksud. Oleh karena itu melalui
penelitian ini penulis berkeinginan untuk memecahkan masalah kurangnya
kreatifitas siswa dalam pelajaran PKn dengan mengoptimalkan penggunaan
metode mengajar yang dapat merangsang siswa aktif belajar yakni metode
diskusi motode complete sentence.
Jenis penelitian ini merupakan penetian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N. 2 Dulupi.
Berdasarkan hasil penlitian dan analisis yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa :
Adanya peningkatan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran complete sentence maka hipotesis yang
berbunyi jika dengan menerapkan metode pembelajaran complete sentence
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dulupi
pada materi “ memahami pelaksanaan demokrasi dalam bebagai kehidupan”
dapat diterima.
Adanya peningkatan prosentase aktivitas belajar baik kegiatan guru maupun
kegiatan siswa dalam pembelajaran dari siklus I pertemuan per-1 dan ke 2.
Adanya perubahan hasil belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran
menggunakan metode pembelajaran complete sentence yaitu terdapat 10 orang
siswa yang tidak tuntas dari 26 siswa yang dikenai tindakan dengan rata-rata
6,55. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran
complete sentence maka hasil belajar siswa meningkat dimana hanya terdapat
seorang siswa saja yang tidak tuntas dari 26 siswa yang dikenai tindakan.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Complete Sentence
Download berkas