Penulis / NIM
RAHMAT M. BINDJEN / 221408058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
A B S T R A K
Rahmat M Bindjen (Amat) 2014. Kebijakan Program Pendidikan Rakyat di Provinsi Gorontalo (Studi Penelitian di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Provinsi Gorontalo). Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan I Dr. Jusdin Puluhulawa, M.Si dan pembimbing II Roni Lukum S.Pd, M.Sc.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana rumusan kebijakan program pendidikan rakyat di Provinsi Gorontalo dan 2) bagaimana iempelementasi kebijakan program pendidikan Rakyat di Provinsi Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis rumusan kebijakan program pendidikan rakyat di Provinsi Gorontalo dan Implementasi kebijakan program pendidikan rakyat di Provinsi Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitaitf. Metode penelitian kualitiatif, adalah latar alamiah atau konteks dari suatu keutuhan. Oleh karena itu sesuai dengan masalah yang dikaji maka pendekatan penelitian yang dianggap sesuai untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjutkan bahwa kebijakan pendidikan rakyat bagi SMA dan sederajat di Provinsi Gorontalo sebagian besar telah dilaksanakan dengan baik. Namun dalam impelementasinya masih terdapat beberapa aspek yang masih perlu dilakukan penyempurnaan dalam penetapan kebijakan yang lebih optimal sehingga dapat diimpelemntasikan dengan baik oleh sekolah penerima Prodira.
Kata Kunci: Rumusan Kebijakan, Implementasi Kebijakan dan pendidikan
Download berkas