Penulis / NIM
SRILISTA HAMID / 221408069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Srilista Hamid “Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PKn dengan menggunakan model pembelajaran kartu arisan di kelas VII SMP
Negeri 2 satu atap kec. Buntuli kab. pohuwato. Jurusan Ilmu Hukum dan
Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PKn melalui model pembelajaran kartu arisan. Penelitian dilaksanakan di kelas
VII SMP Negeri 2 satu atap buntulia. Permasalahan utama penelitian ini
rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu deskriptif, dengan menggunakan alat pengumpulan data
berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar
mengajar siswa serta hasl tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran.
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran kartu arisan maka pemahaman siswa
dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa yaitu pada siklus 1
hanya 61,29% pada siklus 2 menjadi 87,9%. Oleh karena itu jika guru
menggunakan medel pembelajaran kartu arisan maka pemahaman siswa pada
mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Belajar, Dan Model Pembelajaran Kartu Arisan
Download berkas