Penulis / NIM
SRI YULIANTY DUAYAHU / 221408070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yulianti Duayahu, NIM 221 408 070 ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (Suatu penelitian dikelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi 2012). Adapun tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran tipe Snowball Throwing di kelas VIII SMP N 4 Dulupi dengan harapan yakni : (1) Hasil penelitian dapat memberikan informasi kepada guru tentang meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran PKn. (2) Hasil penelitian ini di harapkan dapat memotifasi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan kegiatan belajar mengajar. (3) hasil penelitian ini kiranya dapat di jadikan sebagai input bagi guru agar lebih meningkatkan kegiatan mengajar.
Dari hasil penelitian penelitian di peroleh melalui tes pembelajaran yang di lakukan dalam 2 tahap (Siklus) yang dapat dilihat pada tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Secara jelas dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) yakni Siklus I : Jumlah siswa 25 orang terdiri dari laki – laki 10 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar kegiatan guru yakni 7 (58,33%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B).Lembar observasi kegiatan siswa 2 aspek (36%) kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 17 0rang (68%). Siklus II : Jumlah siswa 25 orang terdiri dari laki – laki 15 orang dan perempuan 10 orang. Hasil observasi kegiatan guru yakni : 12 (100%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) , lembar observasi kegiatan siswa 3 (80%) pada kriteria sangat baik (SB), dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 22 orang (88%).
Dengan demikian proses hasil belajar yang terjadi di atas, secara jelas dapat di simpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatip tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn telah mengalami Peningkatan.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Download berkas