Penulis / NIM
SUGENG SISWANTO / 221408072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
ABSTRAK
Sugeng Siswanto Nim: 221 408 072 "Pengaruh Perilaku Anak Yang Menyimpang Terhadap Keberhasilan Proses Pembelajara Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VII Di Smp Negeri 10 Kota Gorontalo Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi Ppkn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Di Bawah Bimbingan Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Drs. Revoltje O.W Kawunang, M.Pd
Perilaku menyimpang siswa pada dasarnya lahir dari ekspresi sikap kenakalan yang muncul dari kalangannya. Secara fonomenologis gejala kenakalan timbul dalam masa pubertas, di mana jiwa dalam keadaan labil, sehingga mudah terseret oleh lingkungan. Seseorang anak tidak tiba-tiba menjadi nakal, tetapi menjadi nakal karena beberapa saat setelah dibentuk oleh lingkungan yang terdiri dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh sebab itu perilaku menyimpang anak yang menyimpang yang berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran pada mata pelajaran Pkn kelas VII di Smp Negeri 10 Kota Gorontalo menjadi tugas besar bagi guru itu sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untung mengetahui bagaimana perilaku menyimpang anak yang dapat berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran dan bagaimana cara menanggulangi jika terdapat anak yang memiliki perilaku menyimpang ini, sehingga tidak dapat mengganggu keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif, sebab dengan menggunakan metode ini peneliti dapat berinteraksi langsung dengan objek penelitian sehingga dapat menjabarkan secara luas terkait dengan apa yang menjadi objek penelitian itu sendiri. Serta adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah yaitu data perimer dan sekunder. Diman data primer adalah data yang di peroleh dari responden langsung dan data sekunder adalah data yang di ambil dari bebrapa literatur seperti buku, jurnal, dan lain lain sebagai pendukung data primer.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku menyimpang anak yang dapat berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran pada mata pelajaran Pkn kelas VII di Smp Negeri 10 Kota Gorontalo di sebabkan oleh beberapa faktor lingungan dan tekhnologi globalisasi di antaranya adalah ada sebagian siswa yang sudah pacaran dan sudah tau merokok. Namun adapun upaya penanggulangan yang di lakukan oleh guru adalah dengan memberikan pembinaan, pemahaman kepada siswa itu sendiri dengan menggunakan metode pendekatan secara persuasif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa perilaku menyimpang anak yang dapat berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran pada mata pelajaran pkn kelas VII di smp 10 kota gorontalo di pengaruhi oleh lingkungan masyarakat dan tekhologi.
Kata Kunci : Perilaku Menyimpang, Proses Pembelajaran
Download berkas