Penulis / NIM
WA NAASI / 221408076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
LISNAWATY W. BADU, SH., MH / 0029056903
Abstrak
Wa Naasi, Nim 221408076 ”Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Strategi Group Resume Pada Pembelajaran Konsep Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII9 SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi 2012 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Prodi S1 PKn, Universitas Negeri Gorontalo 2012, dengan Pembimbing I Prof. Welly Pangayow. Msi. P.hD, Dan Pembimbing II Lisnawati Badu, SH,MH.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan Menggunakan Strategi Group Resume dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Pembelajaran Konsep Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII9 SMP Negeri 6 Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn tentang konsep upaya penegakan hak asasi manusia melalui Strategi Group Resume, , di kelas VII9 SMP Negeri 6 Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dengan mengikuti langkah-langkah PTK yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap hasil yang dipeoleh untuk melakukan perbaikan pada siklus lanjutan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan Menggunakan Strategi Group Resume dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Pada Pembelajaran Konsep Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VII9 SMP Negeri 6 Gorontalo”terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Strategi Group Resume, konsep Upaya penegakan Hak Asasi Manusia.
Download berkas