SKRIPSI

Penulis / NIM
YASRILAWATI M. PANTOLAI / 221408082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FENTY U. PULUHULAWA, SH., M.Hum / 0009046804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FENCE M WANTU, SH., MH / 0019017404
Abstrak
Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo pada mata pelajaran PKn yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal yang disebabkan karena siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga perlu dicari alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo. Analisis dan repleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindaakan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus, dengan indikator kinerja 85% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 6.5 data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I diperoleh 58.82% (20 orang siswa) yang memperoleh nilai 6.5 ke atas dengan rata-rata kelas 6.26. hasil yang diperoleh dalam siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 34 siswa yang dikenai tindakan 88.24% (30 orang siswa) memperoleh nilai 6.5ke atas dengan nilai rata-rata kelas 8.02 Dengan demikian indikator kerja yang berbunyi apabila 85% dari 34 orang siswa sudah dapat meningkatakan hasil belajarnya pada mata pelajaran PKn tercapai. Disamping itu juga hipotesis tindakan yang berbunyi “ jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo akan meningkat” dapat diterima. Kata kunci hasil belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011