Penulis / NIM
SYLVIA CAROLINA / 221409006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pembinaan kepribadian anak asuh dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pola pembinaan kepribadian anak asuh di Panti Asuhan Harapan Kita Kec. Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan fenomonologis dimana didasarkan pandangan bahwa penulis berusaha untuk mengetahui arti peristiwa yang ada kaitannya dengan orang biasa dalam situasi tertentu dan diharapkan mampu memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dari suatu peristiwa serta sifat-sifat tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola pembinaan kepribadian anak asuh di panti asuhan ditekankan pada aspek agama di mana anak-anak asuh yang sudah akil baligh diwajibkan untuk melakukan shalat 5 waktu, dan juga pengajian bersama yang dilakukan setiap 2 minggu sekali. Adapun faktor pendukung pola pembinaan kepribadian anak asuh adalah lingkungan dan pendidikan. Keberadaan lingkungan baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam membina anak asuh dan juga pendidikan mempunyai sumbangan yang berarti dalam perkembangan terbentuknya kepribadian pada diri seseorang. Faktor yang menjadi penghambat pola pembinaan kepribadian anak asuh adalah kondisi psikologis anak dan terbatasnya tenaga pembina/pengasuh.
Kata Kunci: Pola Pembinaan, Kepribadian Anak Asuh
Download berkas