Penulis / NIM
NOVA S. DAUD / 221409008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
NOVA S. DAUD: NIM 221 409 008, Penerapan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKN di kelas X SMA NEGERI 2 LIMBOTO, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan: Bapak Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd (Pembimbing satu) dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd. M.Sc (Pembimbing dua). Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa, yang disebabkan oleh aspek Guru dan siswa. Guru dalam melakukan pembelajaran, belum dapat membangun kemampuan dan motivasi belajar siswa. Untuk itu, penelitian tindakan kelas ini dalam pemecahan masalahnya, berupa mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining, Dalam pelaksanaan tindakan peneliti menemukan bahwa tingkat pemahaman siswa sangat rendah yang dalam persentasenya adalah 14% tapi setelah dilakukan perbaikan pada setiap kali pertemuan dengan menggunakan metode SFAE maka terjadi peningkatan hingga mencapai 66%. Penelitian tindakan kelas ini mengharapkan dampak yang positif terhadap tingkat pemahaman siswa, disamping dapat memberikan rujukan bagi guru lainnya dalam upaya perbaikan proses pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: Dengan menggunakan metode pembelajaran Student fasilitator and Explaining dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto Kab. Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman siswa Student Fasilitator and Explaining.
Download berkas