Penulis / NIM
ILHAM L / 221409012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAKILHAM L 2013, MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATAPELAJARAN PKn MELALUI METODE PEMBELAJARANDEMONSTRASI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TOMINI. Skripsi. Jurusanilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu sosial Universitasnegeri Gorontalo, Di bawah bimbingan Bapak Prof.Drs.Welly Pangayow, M.Si,.PhD selaku Dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M.Pd selakudosen pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materiyang diajarkan khususnya mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 1 Tomini.Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaranDemonstrasi dimana dalam hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitaspembelajaran PKn dan mengkaji setiap aspek dan kasus yang terjadi atau timbuldari setiap peristiwa-peristiwa nyata yang terjadi selama pembelajaranberlangsung atau hasil demonstrasi yang dilakukan pada proses pembelajaran, darihasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacupada lembaran hasil siswa pada pembelajaran yang mana hasil pencapaian 60 %pada siklus I, setelah diadakan perbaikan dari pada siklus I maka hasil yangdiperoleh pada siklus II meningkat menjadi 90%, ini berarti penelitian penulistelah tercapai.Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaranDemonstrasi tingkat pemahaman siswa meningkat, khususnya pada mata pelajaranPKn di SMP Negeri 1 Tomini.Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Metode Demonstrasi
Download berkas